Gubernur Tolak Permohonan Izin Cuti Bupati

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...
Sumber : Admin
8 May 2010

Beralasan Dampingi Kampanye Salah Seorang Kandidat

Jawa Post - Berita Gresik -Bupati Gresik Robbach Ma’sum me­ngajukan izin cuti kedinasan kepada gu­bernur Jawa Timur. Sayang, Gubernur Jatim Soe­karwo menolak permohonan tersebut.

Kabar yang berkembang, penolakan itu ter­jadi karena alasan yang disampaikan Rob­bach untuk mengajukan cuti tersebut di­nilai tidak pas. Robbach beralasan men­dampingi salah seorang kandidat bupati Gre­sik selama masa kampanye.

In­formasi yang dihimpun menyebutkan, izin cuti itu diajukan lewat surat bernomor 853/1294/437/73/2010 pada 26 April lalu. Da­lam izin tersebut, alasan cuti yang di­can­tumkan bupati adalah mendampingi kam­panye salah seorang kandidat. Pada 3 Mei lalu, gubernur mengirimkan surat balasan yang berisi menolak izin cuti itu.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mem­benarkan penolakan izin cuti yang di­ajukan Robbaach. Menurut dia, penolakan itu murni karena alasan stabilitas pe­me­rin­tahan daerah. “Pak Gubernur memiliki ke­bijakan. Semua izin cuti yang diajukan ke­pala daerah dengan alasan di luar aturan yang sudah ada ditolak,” katanya kemarin (7/5).

Jika menilik aturan yang dikeluarkan Men­dagri, kepala daerah diperbolehkan me­ngambil cuti untuk beberapa alasan ter­tentu. Misalnya, ibadah haji/umrah, sakit, izin ke luar negeri untuk keperluan dinas, serta beberapa alasan lain.

Khusus kepala daerah yang hendak maju da­lam pilkada, dia mendapat jatah izin cuti kam­panye. Itu sesuai dengan PP 14/2009 ten­tang Tata Cara bagi Pejabat Negara da­lam Melaksanakan Kampanye Pemilu.

Soal alasan bupati yang bakal mengam­pa­nyekan kandidat peserta pilkada, Wagub ber­sikap diplomatis. Menurut dia, setiap ke­pala daerah memiliki hak untuk kegiatan seperti itu. “Yang penting, dukungan bupati ke­pada kandidat tertentu itu tidak sampai mengganggu jalannya roda pemerintahan. Selain itu, tidak sampai membawa institusi pemerintahan dalam upaya memenangkan kandidat tersebut,” kata pejabat asal Pa­suruan itu. (ris/c6/ruk)

Pencarian:

Kata Kunci: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

    Email This Post Email This Post

    1. Polo says:

      setuju sekali dengan penolakan pak de Karwo sebab kemarin saja camat dan pejabat kabag pemdes gresik menyerukan untuk mendukung Humas pada acara outbond Pacet 2010 Perangkat desa se Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, apalagi kalau diberi izin cuti . apa tidak ada pekerjaan lain ?

    2. MULIYONO says:

      AMIN…..HIDUP PAKDE KARWO

    3. shomad, cah gresik says:

      memalukan, izin cuti hanya untuk kampanye pilbub.
      Pak yai Robbach, saya yakin anda lebih faham tentang makna Amanah sebagai bupati. alangkah tidak ‘bergunanya’ jika kita meninggalkan kewajiban hanya untuk kepentingan seseoarang ataupun golongan…

    4. hery says:

      betul pak de. emang ulama hati pejabat ya gitu jadinya mikir diri sendiri kroni kerabat dan golongan. seandainya boleh cuti wah bisa gawat ni gresik.