Hati-hati, PNS Jadi Tim Sukses Pilkada Bisa Kena Pidana

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...
Sumber : Admin
12 January 2010

padangkini.com Pegawai Negeri Sipil yang menjadi tim sukses calon wali kota dan wakil wali kota Padang, apalagi ikut berkampanye akan dikenai sanksi pidana Pemilu.

Sanksi berupa sanksi pidana kurungan penjara selama 36 bulan hingga 72 bulan atau denda sebanyak Rp36 juta hingga 72 juta, sementara sanksi administrati berupa pemecatan sebagai PNS.

“Hal itu merujuk kepada aturan KPU No. 19/2008 tentang Kampanye, bahwa PNS tidak boleh menjadi tim sukses, selain itu juga merujuk pada SK Menpan 22 Juni yang menyebutkan tentang netralitas PNS,” kata anggota KPU Padang Divisi Hukum dan Organisasi, M. Daniel Arifin, Kamis (4/9).

Karena itu ia mengingatkan agar PNS tidak coba-coba menjadi tim sukses apalagi ikut berkampanye.

Saat ini, dari enam pasang bakal calon wali kota dan wakil wali kota Padang yang mendaftar ke KPU, dua pasang merupakan calon incumbent yakni Fauzi Bahar dan Yusman Kasim. Fauzi Bahar mencalonkan kembali menjadi wali kota sementara Yusman naik dari wakil wali kota mencalonkan menjadi wali kota.

Selain itu dua calon merupakan pejabat Pemprov Sumbar yakni Harmensyah yang merupakan Kepala Bapedalda Sumbar dan Mudrika, kepala Biro Pembangunan Pemprov Sumbar. (april/o)

Kata Kunci: , , , , , , , , , , , ,

    Email This Post Email This Post